Saturday, February 13, 2016

ARTI KODE ERROR PADA DSLR CANON


Ketika kita asik mengabadikan suatu objek dengan melukiskan cahayanya melalui kamera kita, tak disangka timbul permasalahan yang terjadi pada kamera kita yaitu timbul tulisan Error (Err…) pada kamera kita. kode tersebut merupakan sistem yang dibuat oleh pabrik yang memproduksi kamera tersebut agar dapat memudah kan dalam mengidentifikasi permasalah yang ada pada kamera tersebut.
Disini saya sekedar berbagi bagaimana memahami permasalahan kode error yang timbul pada kamera DSLR Canon, bukan berarti saya sharing bagaimana cara memperbaikinya, akan tetapi dari kode tersebut kita bisa memahami awal kerusakan dan apa kemungkinan yang harus kita lakukan dari kode (Err..) tersebut.
Kode tersebut dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kode error umum dan kelompok kode error khusus. Untuk penjelasannya sebagai berikut :

KODE ERROR UMUM :
Err 01 :Lens to body communication error
“Communications between the camera and lens is faulty. Clean the lens contacts”
permasalahan tersebut kemungkinan karena bodi kamera, atau sesuatu permasalahan simpel seperti sidik jari yang luntur pada pin kontak data di mount lensa. Apabila Error terjadi, kamera tidak bisa mengenal lensa yang dipasang bahkan membaca informasi pengukuran jarak dari lensa.
Err 02:Err 02: Memory card error
“Card cannot be accessed. Reinsert/change card or format card with camera”
kode ini menandakan dikarenakan adanya masalah hubungan antara kemra dengan kartu memori, permasalahannya kemungkinan besar terjadi kesalahan tertentu pada kamera atau memory kita. bisa jadi kamera ataupun memory kita yang tidak kompatible dengan masing-masing device.
Err 04: Card full
“Cannot save images because card is full. Replace card”
Kode ini menandakan bahwa Kamera mendeteksi tidak ada ruang yang tersedia untuk penyimpanan gambar pada kartu memori. Bisa jadi memang kartunya penuh, atau entah kenapa ruang kosong yang ada di kartu tidak terbaca oleh kamera.
Err 05: Built-in flash obstruction
“The built-in flash could not be raised. Turn the camera off and on again”
Kode ini menandakan adanya sesuatu yang menghalangi flash ketikan ingin membuka keatas atau disebabkan adanya faktor lain sehingga flash tidak dapat terbutka.
Err 06: Self-cleaning sensor malfunction
“Sensor cleaning is not possible. Turn the camera off and on again”
Kode tersebut menandakan pada sistem mekanik pembersihan debu pada sensor dengan cara menggetarkan sensor. Kemungkinan mekaniknya lemah.
Err 99: Kode ‘klasik’ yang sering terjadi namun tidak terlalu spesifik permasalahannya
Kode tersebut sebenarnya sering terjadi bagi pengguna DSLR Canon di seluruh Dunia, permasalahan tersebut tidak bisa diidentifikasi secara spesifik penyebabnya, karena kemungkinan dari keseluruhan kamera maupun lensa bisa menjadi faktor terjadinya permasalahan tersbut, sebaiknya konsultasikan dengan service Canon terdekar di kota mu.
KODE ERROR KHUSUS :
Err 10: file malfunction
Kode tersebut menandakan adanya kesalahan di dalam file yang ditulis / berusaha distulis oleh kamera kedalam kartu memory.
Err 20: mechanical malfunction
kode tersebut kemungkinan adanya gangguan mekanik yang terdapat pada komponen cermin yang bergerak buka tutup, shutter atau bukaan pada diafragma lensa.
Err 30: Shutter malfunction
Kode tersebut disebabkan adanya masalah pada shutter unit, hal tersebut bisa jadi karena masalah mekanik atau shutter macet karena umur pakai dan juga bisa jadi terjadi semcam kesalahan hubungan elektronik antara kamera dengan shutter unit.
Err 40: power source malfunction
Kode tersebut menandakan adanya kesalahan internal dalam mendapatkan daya dari baterau untuk beberapa bagian dari kamera. Cenderung indikasinya dikarenakan Baterai yang bermasalah.
Err 50: electronic control malfunction
Kode tersebut menandakan kemungkinan adanya masalah pada prosesor unit atau sirkuit pada kamera.
Err 70: Image malfuction
kode tersebut menandakan adanya masalah terhadap data yang sedang ditulis pada kartu memory.
Err 80: electronic control or image malfunction
Kode tersebut adanya masalah yang berhubungan dengan elektronik dan gambar, tapi lebih spesifik terhadap kendali elektronik seperti roda, tuas atau tombol.
Dari beberapa kode tersebut diatas kemungkinan kamu pernah mengalaminya pada kamera DSLR Canon tercinta kamu. Sekarang apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya?? kamu bisa coba hal berikut:
1. Pertama tenangkan diri kamu fokus terhadap permasalahan yang terjadi pada Kamera DSLR Canon kamu terkait dengan kode Error yang kamu dapatkan.
2. ada baiknya kamu lepaskan semua perangkat kamera kamu seperti baterai, memory dan lensa,
3. coba bersihkan perangkat kamera kamu, coba bersihkan dengan lembut dan kasih sayang (hehehehe), untuk body cukup di blower saja, lensa coba kamu bersihkan bagian CPU contact dengan tissu lembut begitu juga pada memory.
4. Apabila tetap tidak berhasil, coba kamu ganti lensa maupun memory kamu dengan yang lain (bisa aja pinjem sama teman yang lain).
5. Apabila masih timbul Error tersebut, diamkan dulu tanpa ada kontak listrik (lepas baterai) selama beberapa hari (mungkin kamera kamu sudah lelah…)
6. Ada baiknya coba konsultasikan kembali ke Canon service center terdekat dikota kamu

No comments: