Thursday, August 4, 2016

CARA MEMBUAT FOTO LEVITASI DENGAN KAMERA DSLR


sebenarnya untuk membuat foto levitasi sangatlah mudah, apalagi pencahayaan di sekitar cukup terang, nah kali ini MANZGRAPHY akan membagikan tips dan cara setting kamera untuk membuat foto levitasi tersebut. langkah langkanya adalah sebagai berikut:


1. PERSIAPAN
siapkan peralatan yang akan kita gunakan terutama kamera, pastikan kamera berfungsi dengan baik dan dalam kondisi battery yang cukup. siapkan juga objek yang akan kita foto nanti, misalkan 2 orang model. pastikan juga kondisi cahaya di sekitar anda cukup terang, agar bisa mendapatkan shutter speed yang tinggi. karna jika pencahayaan di sekitar kurang, maka kamera akan kesulitan menangkap objek dengan cepat, dan di butuhkan perangkat tambahan seperti flash.

2. KONSEP
foto tanpa konsep akan terkesan hambar atau biasa biasa saja. oleh sebab itu untuk membuat foto lebih berkesan dan bercerita dibutuhkan konsep seperti apa nantinya foto yang akan kita buat

3. SETTING KAMERA
settingan kamera sangat penting dalam membuat sebuah foto.setiap kondisi yang berbeda pencahayaannya berbeda pula settingan kameranya. oleh sebab itu kita di tuntut untuk mengerti yang namanya segitiga exposure.
untuk membuat foto levitasi di kondisi pencahayaan yang cukup terang
kita bisa menggunakan mode MANUAL (M), set shutter speed di angka 1/100 sampai ke yang lebih tinggi, tentunya perlu di ingat metering yang terbaca di kamera, jangan sampai gambar yang kita hasilkan terlalu terang (over exposure) atau terlalu gelap (under exposure), maka kita harus menyesuaikan settingan ISO dan APERTURE agar mendapatkan exposure yang pas. semakin ceat shutter speed semakin baik, karna hal itu akan semakin membekukan gerakan objek.
untuk settingan yang lebih mudah kita bisa menggunakan settingan SHUTTER PRIORITY (kode S di nikon & kode TV di canon), tinggal set shutter speed di angka tinggi maka settingan lain akan mengikuti dan menyesuaikan agar mendapat exposure yang pas. gunakan pula mode brush

misal di gambar berikut, saya menggunakan SS 1/250 ISO 200 F/4


4. EVALUASI 
lihat hasil setiap foto yang kita dapatkan. apakah sudah mendapatkan moment yang kita inginkan atau belum

cukup sekian tips dari MANZGRAPHY, semoga bermanfaat, terima kasih


No comments: