Sunday, February 21, 2016

MEMBUAT EFEK BOKEH DI PHOTOSHOP

Pernah menemui kan foto yang memiliki background cahaya bulat ngeblur ? pasti pernah, efek ini biasanya bisebut dengan istilah bokeh. Bokeh istilah ini mungkin sangat tidak asing bagi meraka yang mendalami dunia fotografi, mungkin untuk sebagaian orang awan bokeh akan terdengar seperti kata bokkep yang sangat tabu untuk didengar "wkwkw..., pengalaman ane dulu waktu belajar photografi"

Bokeh atau Boke, adalah salah satu teknik terkenal dalam photography. Karena efek bokeh memberikan hasil foto yang menarik. Dan kata bokeh sendiri menurut hasil penelitian berasal dari negeri sakura"tau nggak negri sakura ?, masa harus ane yang harus ngejelasin" yang berarti blur. Pembuatan efek bokeh dengan kamera DSLR memerlukan lensa khusus agar efek yang diinginkan bisa terwujud (kalau keliru mohon dikoreksi). Tapi kali ini saya akan berbagitutorial photoshop bukan fotografi, jadi yang nggak punya kamera bisa praktek.


"Contoh Gambar Bokeh" 

Pertama buka Software Photoshop, lalu buat dokumen baru dengan ukuran 250x250 px, dan dengan warna trasparan



ok setelah itu buat elips menggunakan shape tooldengan warna abu-abu menjerumus ke hitam dengan kode warna #282828, mungkin segini sudah cukup. lalu ubah fill menjadi 50%, selanjutnya pergi ke blending option lalu pilih stroke atur seperti gambar dibawah ini.


atur seperti berikut


setelah selesai pergi ke menu edit lalu pilih define brush untk menjadikanya brush


tahap selanjutnya buat dokumen baru lagi dengan ukuran 1280x800px, beri dia warna abu2 menjerumus ke hitam dengan kode warna #282828 dan buat layer baru lalu beri warna putih, tambahkan gradient overlay dan atur seperti gambar dibawah ini


dan ubah mode Normal ke Darker Color



buat new layer dan ubah blend mode normal ke color dodge lalu pilih Brush Tool (B) pilih brush yang sudah kita buat sebelumnya dan akitfkan brush tool dengan cara tekan tombol F5 pada keyboard.


size partama atur menjadi 160px dan jarak antar objek (Spacing) 100% , untuk selanjutnya lihat gambar dibawah ini






lalu beri blur, pergi ke filter> blur > gaussian blur beri 13px,untuk selanjutnya
buat layer baru ke 2  dengan brush diameter 90px, blur 5px
buat layer baru ke 3 dengan brush diameter 60px, blur 2px

jadi ada tiga layer dan dengan ukuran diameter brush yang berbeda. hasilnya seperti ini dengan sedikit permaninan warna Blending Option.


untuk experiment pemberian warna kalian bisa pergi ke Blending Option dan pilih warna kalian sendiri. ane kasih sedikit bocoran tentang pemberian warna efek bokeh ini, dari perwarnaan sendiri hanya menggunakan color overlay dan outher glow dengan blend mode vivid color dan hard color, selamat berexperiment
  

Sumber: http://psd48.blogspot.co.id/2015/03/tutorial-membuat-efek-bokeh-photoshop.html?m=1

No comments: